Senin, 13 Juni 2016

BERHIKMAH DALAM DAKWAH (5)


Mulanya yang harus dicamkan, bahwa tugas Da'i adalah tugas para Rasul. Sehingga apa yang dilakukan Da'i hendaknya merupakan duplikasi atas segala yang dilakukan oleh para Rasul.


Secara sederhana, Dr. Abdul Karim Zaidan telah menyampaikan dalam Ushulud Dakwah-nya, bahwa seorang Da'i yang berhikmah adalah yang mengajak untuk mengamalkan rukun-rukun Islam, rukun Iman dan ihsan. Juga yang memberikan penjelasan kepada umat manusia terhadap hal-hal yang terkandung di dalam al Quran dan Sunnah seperti Aqidah, Ibadah, Mua'amalah dan Akhlak secara terperinci, detail dan jelas.

Sementara Dr. Taufiq al Wa'i menjabarkan dalam kitabnya 'Dakwah kepada Allah', bahwa tema syariat Islam sebagai tema utama dan satu-satunya dakwah itu sesungguhnya menyampaikan tiga hal. Pertama; menghindari segala kemudharatan bagi agama, jiwa, akal, keturunan, harta, dan kehormatan. Kedua; meraih kemaslahatan di segala sektor. Ketiga; mengembalikan akhlak mulia dan adat kebiasaan yang terpuji.

Dakwah yang hikmah, hendaknya diawali dengan pemahaman pada tiga hal utama yang pernah dipaparkan oleh Dr. Sa'd al Qahthani. Pertama adalah pemahaman akan aqidah Islam secara benar berdasar al Quran, Hadits, serta Ijma' ulama Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Kedua adalah pemahaman terhadap tujuan kehidupan. Ketiga adalah pemahaman akan akhirat.

Abu Bakar al Khallal mengutip dalam kitabnya Amar Ma'ruf wa Nahi 'anil Munkar sebuah penyataan Sufyan ats Tsauri sebagai berikut: "Seseorang itu janganlah menyuruh kebaikan dan melarang kemunkaran kecuali ia memiliki tiga sifat. Pertama, berlemah lembut terhadap sesuatu yang diperintahkan dan juga yang dilarang. Kedua, bersikap adil terhadap apa yang diperintahkan dan yang dilarang. Ketiga, mengetahui apa yang diperintahkan dan yang dilarang."

Sementara Ibnu Taimiyah dalam al Hisbah fiil Islam menyederhanakan dengan arahan, "Seorang da'i harus memiliki tiga hal: Ilmu sebelum melakukan amar ma'ruf nahi munkar, Sikap lemah lembut saat menjalankannya, serta Sikap sabar setelah melaksanakannya."

Setelah kita memahami fungsi Da'i, hal yang harus didakwahkan, serta proses dakwahnya; selanjutnya kita harus pula memahami bahwa dakwah ini ditujukan kepada enam golongan. Mereka adalah para Penentang, Musyrikin, Yahudi, Nashrani, Munafiq dan Muslim bermaksiat yang memerlukan pendidikan.

Maka siapapun mereka, sesungguhnya memiliki hak menerima dakwah dari kita. Dengan segala taufiq dari Allah azza wa jalla.



Muhammad Irfan Abdul Aziz
8 Ramadhan 1437 H

Twitter: @Daybakh
BBM PIN: 56C730A3

Channel Telegram: @MadrasahRamadhan

2 komentar:

Lina W. Sasmita mengatakan...

Lemah lembut, adil, dan sabar ya ustadz. Noted. Akan saya ingat² terus.

Irfan Azizi mengatakan...

Barakallah fiik, teh... :)