Senin, 29 Februari 2016

APAKAH BASMALAH TIDAK BOLEH DIBACA DALAM SHALAT?


Seseorang bertanya terkait kemakruhan membaca Basmalah dalam Shalat. Maka, hendaknya tidak membaca Basmalah dalam Shalat. Apakah memang Basmalah tidak boleh dibaca dalam Shalat?

Rabu, 24 Februari 2016

[Milad 19 FLP] MENGENAL MUHAMMAD QUTHBAH


- I -
Jalan Hidup

Muhammad Quthbah memiliki gelar Doktor di bidang Bahasa Inggris yang diselesaikan di Inggris. Saat kuliah di Inggris inilah ia aktif berdakwah di kalangan mahasiswa Arab dan Muslim di sana. Ia pernah dipilih sebagai Ketua Persatuan Mahasiswa Muslim di United Kingdom. Setelah kembali ke Qatar, ia menjadi dosen di Universitas Qatar. Ia pernah juga menjadi salah satu staff departemen Kementerian Pendidikan Qatar. Mungkin karen kurang istirahat, ia terkena pembekuan pada pembuluh darah yang cukup parah. Tapi setelah sembuh, ia kembali mengajar di Kampus. Dia juga tetap aktif berdakwah, bersastra dan bersosial. Hingga akhirnya ia diusulkan menjadi pemimpin operasional proyek situs Islam Online. Karenanya ia fenomenal sebagai Jurnalis Online, selain sebagai da’i dan penyair. Ia menemui ajalnya tepat di hari Tarwiyah (8 Dzulhijjah, saat jama’ah haji bersiap ke Mina untuk lanjut berwukuf di Arafah). Bgitulah sosok yang telah berjasa mengembangkan situs IslamOnline.

Selasa, 23 Februari 2016

BAGAIMANA MEMBANGUN MASYARAKAT ISLAMI?


Bahwa dakwah ini, tujuannya mengenalkan Tuhan Yang Maha Esa kepada seluruh manusia di dunia. Agar mereka memahami konsepsi Tauhid yang akan menjadi basis setiap langkah kehidupannya. Dengan konsepsi Tauhid, setiap manusia akan dibebaskan dari kekuasaan sesama manusia; baik berupa kedaulatan, hukum-hukum, nilai-nilai ataupun tradisi-tradisi. Maka tidak ada satupun Kedaulatan figur yang mengungkung, tidak ada satupun Hukum kehendak sekelompok orang yang mengintimidasi, tidak ada satupun Nilai leluhur yang mencekoki, pun tak ada satupun Tradisi manusia yang membunuh ilmu.

Senin, 22 Februari 2016

SASTRA SANTUN DI ERA DIGITAL: ANTARA PRODUK, NILAI DAN SARANA


Istilah sastra santun itu bisa saja menjadi polemik. Sebab, bila ada yang santun, maka ada yang tak santun. Maka, bila santun itu terpuji, sebaliknya tak santun itu tercela. Tentu dalam penilaian ada beragam perspektif. Itu pula yang akan membuat istilah ‘Sastra Santun’ ini rawan polemik. Tapi, dengan segala konsekuensi itulah Forum Lingkar Pena mengusung tema ini pada momentum Milad-nya yang ke-19.

Minggu, 21 Februari 2016

7 PENYIMPANGAN PRIBADI MUSLIM


Bahwasannya permasalah kehidupan kita bermuara pada 7 Penyimpangan Pribadi. Inilah penyimpangan-penyimpangan dalam pribadi kita, yang bila tidak diluruskan maka akan terus melahirkan masalah-masalah dalam kehidupan yang semakin pelik.

Jumat, 19 Februari 2016

[Milad 19 FLP] MENGENAL ADIL HUSEIN


- I -
Kepribadian

Adil Husein adalah saudara kandungnya Ahmad Husein, pemimpin nasional Mesir yang juga pendiri Misr al Fata (Mesir Muda). Salah satu teman seperjuangannya adalah Thariq Bisyri, pemikir dan ahli hukum terkenal. Sosoknya senang berkenalan dengan semua orang yang punya ide independen, punya hati yang hidup, dan mau kontribusi bagi pemikiran Islam.

MEMBACA LEDAKAN DI TURKI


Malam, 17 Februari 2016, sebuah mobil meledak di pusat Ibukota Turki. Menariknya, meledak di dekat bus yang membawa karyawan lembaga-lembaga militer. Lebih menarik lagi, lokasinya tak jauh dari pusat komando Militer, Parlemen dan kantor-kantor Kementerian.

Rabu, 17 Februari 2016

TEROBOSAN MASYARAKAT ISLAMI


Bila ada yang membedakan masyarakat Islam dengan masyarakat Barat; maka itu adalah pada peran agamanya. Masyarakat Islam berangkat dari nilai-nilai agamanya. Sedangkan masyarakat Barat justru menyingkirkan peran agamanya. Masyarakat Islam terbentuk karena kehendak agamanya. Sementara masyarakat Barat justru terbentuk sebagai perlawanan terhadap agamanya.

Senin, 15 Februari 2016

[Milad 19 FLP] MENGENAL SYEIKH ALI ATH THANTHAWI



- I -
Keluarga

Mungkin kita bisa menyeksamai makna santun dari sastrawan Muslim yang bernama Ali Ath Thanthawi. Seorang Syeikh yang memang lahir dari keluarga ulama. Kakeknya yang bernama Ahmad Thanthawi adalah imam bagi tentara Utsmani. Bapaknya yang bernama Syeikh Musthofa adalah imam masjid yang juga penanggungjawab urusan fatwa. Paman dari bapaknya adalah ahli ilmu falak Islami. Paman dari ibunya adalah pemilik majalah az Zahraa dan majalah al Fath.

KETIKA KEAHLIAN MUSLIM DIBUTUHKAN KERATON TABANAN


Sebuah surat berbahasa Jawa masuk ke pemerintahan Batara Ngeluhur, namun saat itu tak satupun dari petinggi kerajaan yang bisa membaca isi surat. Maka sang Raja pun mencari orang yang bisa membacakannya. Hingga bertemulah dengan seorang anak muda dari desa Temenggungan (Blambangan / Banyuwangi – Jawa Timur) yang sedang bekerja pada salah satu keluarga di daerah itu; namanya Aryo Nur Alam.

Minggu, 14 Februari 2016

BEGINILAH HENDAKNYA DAKWAH KITA


Ada kalanya para da’i ingin langsung menjelaskan sistem Islam beserta hukum-hukumnya kepada manusia sebelum matang aqidahnya. Hal itu hanya demi sebuah maksud; agar jalan dakwah ini terasa lebih mudah sebab cepat tampak berbuah. Padahal dakwah ini hendaknya muncul dari keikhlasan menghamba kepada Allah dan kebebasan dari keterpaksaan siapapun, bukan sekadar berdasar pada pandangan bahwa aturan yang ditawarkan sebenarnya lebih baik daripada peraturan yang ada. Sungguh, hal itu bukanlah landasan dakwah. Sebab dakwah bisa dikatakan sukses, bila objeknya telah senang dan mantap kepada Islam, tanpa perlu iming-iming keindahan dan keistimewaan peraturan Islam.

Jumat, 12 Februari 2016

APAKAH SYAHADAT RASUL ADA LANDASANNYA?


Sebagian kita, baik karena ketidak-pahaman maupun karena keisengannya, mencoba mempertanyakan tentang kevalidan teks syahadat Rasul yang merupakan penggal kedua dari Syahadatain ummat Islam. Mereka mengatakan bahwa kalimat syahadat Rasul itu tidak ada di dalam al Qur’an. Sedangkan yang ada di dalam al Qur’an hanyalah perintah untuk beriman kepada Allah, yang tertulis jelas dengan kalimat ‘Laa ilaaha illa Allah’. Sementara tidak ada kalimat ‘Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah’.

Kamis, 11 Februari 2016

POSISI MENTERI DALAM SISTEM POLITIK ISLAM


Dalam sistem politik Islam, Menteri adalah suatu posisi yang mendapatkan perhatian secara khusus. Bahkan istilah ‘Wazir’ (Menteri) ada di dalam al Qur’an, yang mengindikasikan urgensi keberadaan Menteri. Misalnya dalam surat Al Furqon ayat 35, “Dan sesungguhnya Kami telah memberikan Al Kitab (Taurat) kepada Musa dan Kami telah menjadikan Harun saudaranya, menyertai dia sebagai wazir (pembantu).

Selasa, 09 Februari 2016

PERAN RADEN MADURA DAN KAPTEN BUGIS DALAM PENGENALAN ISLAM DI BADUNG


Badung adalah salah satu nama kabupaten di Bali. Islam mulai dikenal di daerah ini dengan dua motif. Pertama adalah Motif Sosial; karena cenderung pada alasan peri-kemanusiaan. Kedua adalah Motif Ekonomi; karena hubungan dagang antara orang-orang Bugis dengan orang-orang Bali.

Senin, 08 Februari 2016

BELAJAR KEPRIBADIAN DA’I DARI HASAN HUDAYBI


Dakwah ini akhirnya bisa menyatu di tengah masyarakat karena prinsip “Kita adalah Da’i dan bukan Hakim.” Ungkapan ini begitu menginspirasi para aktivis dakwah dari jebakan-jebakan perspektif Khawarij yang ekstrim, Murji’ah yang liberal, Mu’tazilah yang kebablasan serta Syiah yang campur-aduk tak jelas.

Sabtu, 06 Februari 2016

APA YANG SESUNGGUHNYA HILANG DARI UMMAT INI?

sumber: binaulummah.com

Agar kita sadar apa yang kini hilang, maka perlu kita telisik apa yang dulu ada. Generasi dulu dan generasi kini sesungguhnya sama; yaitu sama-sama manusia biasa. Tapi bedanya, generasi dulu (yaitu generasi awal dari ummat ini) disebut sebagai generasi terbaik; itulah para sahabat radhiyallahu’anhum. Begitulah fakta sejarahnya.

Jumat, 05 Februari 2016

TIGA TAHAPAN PENGARUH ISLAM DI BALI

Muslim Bali gelar sholat Idul Adha di Renon (harnas.co)

Setelah masuknya agama Islam di nusantara pada abad XIII, kemudian semakin berkembang pada abad XV (sekitar tahun 1416) dengan kehadiran para Muballigh dari Malaka, Persia, dan Gujarat, maka tumbuh beragam kerajaan Islam di nusantara. Kerajaan-kerajaan Islam itu tersebar di beberapa wilayah nusantara; di antaranya Aceh, Minangkabau, Jawa, Ternate, Goa, Banjar, dan Kutai. Selain itu, juga ada di beberapa daerah lainnya.

Dalam sebuah buku pengenalan Islam di Bali yang disunting oleh Drs. M. Sarlan, M.P.A., maka kita dapat mengenali 3 tahapan pengaruh Islam di Bali. Tiga tahapan itu adalah Jalur Diplomasi - Politik, Jalur Perdagangan - Ekonomi, dan Jalur Kekerabatan - Sosial.

Rabu, 03 Februari 2016

(Kajian Hadits) TITIK-TITIK RAWAN BAGI PERSAUDARAAN KITA


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : لاَ تَحَاسَدُوا وَلاَ تَنَاجَشُوا وَلاَ تَبَاغَضُوا وَلاَ تَدَابَرُوا وَلاَ يَبِعْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَيْعِ بَعْضٍ وَكُوْنُوا عِبَادَ اللهِ إِخْوَاناً . الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يَخْذُلُهُ وَلاَ يَكْذِبُهُ وَلاَ يَحْقِرُهُ . التَّقْوَى هَهُنَا –وَيُشِيْرُ إِلَى صَدْرِهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ – بِحَسَبِ امْرِئٍ مِنَ الشَّرِّ أَنْ يَحْقِرَ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ، كُلُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ حَرَامٌ دَمُهُ وَمَالُهُ وَعِرْضُهُ. [رواه مسلم]

Selasa, 02 Februari 2016

UMMAT ISLAM DI RAHIM KLUNGKUNG


Pasca penaklukan Gajah Mada tahun 1343, Bali didominasi oleh kuasa kerajaan Hindu. Saat itu sebagai penguasa baru berasal dari keluarga Kresna Kepakisan dari Majapahit (Jawa), yang memerintah di Samprangan (Gianyar). Raja saat itu dibantu oleh para Patih yang berasal dari keluarga Arya dan Wesia. Para Patih dari keluarga Arya adalah Arya Kenceng, Arya Kenuruhan, Arya Belog, Arya Manguri, Arya Delancang, Arya Pengalasan, Arya Wangbang, Arya Kutawandira. Adapun para Patih dari keluarga Wesia adalah Tankober, Tanmundur, dan Tankaur.

Senin, 01 Februari 2016

BAGAIMANA KITA MEMANDANG DUNIA KITA HARI INI?


Awalnya adalah runtuhnya digdaya Timur, Uni Soviet. Teori komunalisnya Marxisme tiba-tiba mengalami kemunduran dalam pemikiran hingga hanya tersisa negara dan undang-undangnya saja. Paham marzisme memang hanya dapat berkembang bila situasi Chaos atau dalam sistem dictatorial, tentu itu tidak sesuai dengan fitrah manusia. Masyarakat Sosialis terpuruk sampai bahan makanannya harus diimpor, bahkan menjual emas akibat gagalnya lahan pertanian rakyat yang menjadi basisnya.

Lalu, digdaya Barat pun mulai limbung, United States Amerika dan Uni Eropa. Sebab demokrasi yang ditawarkan justru tak jelas arahnya, bahkan mulai mengadopsi model-model sosialis utamanya dalam hal ekonomi. Tentu itu pukulan bagi Barat, karena material ekonomi yang mereka bangga-banggakan justru kini berada di ujung tanduk.

LIMA MASA KERAJAAN GELGEL


Kerajaan besar yang pernah ada di Bali adalah Kerajaan Gelgel. Uniknya, dari pusat kerajaan besar Hindu di Bali inilah kelak Islam mulai dikenal oleh masyarakat Bali. Kiranya, bila dirasa perlu mencermati kerajaan ini, maka kita bisa membagi penelaahannya berdasarkan 5 masa kepemimpinan dalam Kerajaan Gelgel.