Kamis, 20 Agustus 2020

Muharram, Mulai dengan Lebih Baik

 

Kita saat ini di momentum pergantian tahun hijriyah. Inilah tahun yang bulan terakhirnya adalah Dzulhijjah dan bulan pertamanya adalah Muharram. Kedua bulan ini merupakan bulan yang dimuliakan, selain Dzulqa’dah dan Rajab. Dzulqo’dah adalah bulan sebelum Dzulhijjah atau setelah Syawal, dan Rajab merupakan bulan ketujuh sebelum Sya’ban atau dua bulan sebelum Ramadhan. Itulah empat bulan yang dimuliakan dengan cara menjaga kemuliaan kemanusiaan kita. Sehingga dilaranglah memulai peperangan di bulan-bulan ini, dianjurkan meninggalkan perkara-perkara nista dan hendaknya secara optimal memuliakan diri kita masing-masing dengan amalan dan sikap yang mulia.

Minggu, 16 Agustus 2020

8 Poin Memahami Pembukaan UUD 1945


  • Ini adalah landasan hukum bernegara atau Undang-Undang Republik Indonesia, yang awalnya disebut Piagam Jakarta. Dirumuskan pada tanggal 22 Juni 1945 oleh Panitia Sembilan.

8 Poin Memahami NKRI


  • "NKRI harga mati", istilah itu sering kita dengar. Yang artinya adalah NKRI sudah kesepakatan yang tak bisa diubah dan mesti dijaga dengan segala usaha.

8 Poin Memahami Pancasila

 

  • Pancasila artinya 5 sila, inilah dasar negara Indonesia. Bermula dari Pidato Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 (1,5 bulan sebelum kemerdekaan) saat Sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang dikenal dengan "Lahirnya Pancasila".

8 Poin Memahami Garuda

 

  • Inilah lambang negara Indonesia, burung Garuda yang kepalanya menoleh ke sebelah kanan. Resminya disebut sebagai Garuda Pancasila.

8 Poin Memahami Pasukan Pengibar Bendera

 

  • Pasukan Pengibar Bendera biasa disingkat Paskibra. Ini adalah sekelompok orang yang bertugas mengibarkan bendera merah putih saat upacara, terutama saat Upacara Hari Kemerdekaan. Kalau di Istana Negara, namanya Paskibraka yaitu Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

8 Poin Memahami Bendera Merah Putih

 

  • Bendera Indonesia disebut Sang Merah Putih atau Sang Dwiwarna