Kamis, 22 Februari 2018

Madrasah Pena Baca FLP: Sebuah Catatan di Milad FLP ke-21



Literasi adalah kemampuan menulis dan membaca. Literasi juga bermakna pengetahuan dan keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu. Selain itu, literasi juga merupakan seni menggunakan huruf untuk merepresentasikan bunyi atau kata.

Maka, melek literasi itu bila mampu menulis dan membaca, atau berpengetahuan dan terampil, atau cakap merepresentasikan bunyi dan kata. Karenanya, dengan kemampuan dan kecakapan seperti itu, serta pengetahuan dan keterampilan demikian, seseorang bisa tergolong sosok literatur yang jadi acuan.

Lalu pertanyaannya, apakah dengan melek literasi seperti itu otomatis menjadi insan beradab? Apakah menjadi acuan itu otomatis terjamin keadabannya? Inilah titik tekan jargon FLP periode 2017–2021, yaitu Literasi Berkeadaban.

Kamis, 15 Februari 2018

Ulah FLP Bogor, Bengkel Diubah Jadi Mimbar Sastra Dadakan

Mimbar Sastra dadakan di bengkel. (Dok: Pribadi)

Ahad, 31 Agustus 2014. Aku diundang oleh FLP Bogor untuk menjadi salah satu narasumber dalam acara Inaugurasi Anggota Pramuda Angkatan VII. Anggota Pramuda adalah istilah di FLP wilayah Jakarta Raya yang digunakan untuk mereka yang telah mendaftar ke FLP namun sedang menjalani orientasi sebelum resmi menjadi Anggota. Maksudnya adalah Anggota sebelum jenjang Muda yang merupakan jenjang pertama keanggotaan FLP. Anggota Pramuda ini akan menjalani masa orientasi selama 6 bulan dengan berbagai forum pengenalan beragam jenis tulisan.

Senin, 05 Februari 2018

APA YANG TERJADI PADA PALESTINA DI BULAN JANUARI 2018?


Membahas Palestina selalu menarik bagi kita bangsa Indonesia. Terlebih Menteri Luar Negeri Retno L. P. Marsudi tegas mengingatkan bahwa Palestina adalah jantung politik luar negeri Indonesia. Setiap helaan napas diplomasi Indonesia, di sana ada perjuangan untuk Palestina," begitu istilah Retno.

Nah, bagaimana dinamika Palestina bulan Januari 2018?