Rabu, 17 Agustus 2016

JPRMI RAYAKAN HUT RI KE 71 DENGAN JELAJAH MASJID-MASJID DI SUMATERA


Indonesia adalah Negara Muslim terbesar di dunia. Bersamaan dengan itu, sebanyak 270 juta dari masyarakatnya adalah pengguna ponsel. Sementara yang aktif menggunakan internet sebanyak 82 juta orang. Tentu itu adalah jumlah yang tidak bisa dianggap remeh dan disia-siakan.


Selain itu, sebagai negara mayoritas Muslim maka keberadaan masjid di Indonesia juga sangat banyak hingga tak terhitung lagi. Tetapi masjid menjadi tidak punya arti ketika umatnya tidak betul-betul mengenalinya, sehingga tidak ada hubungan kedekatan dengan masjid-masjid tersebut.

Berangkat dari data dan fenomena inilah, Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) berinisiatif merintis aplikasi AyokeMasjid. Pelayanan utama dari aplikasi ini adalah informasi lokasi masjid, jadwal shalat, kegiatan keislaman, serta artikel-artikel terkait masjid. Ke depannya, aplikasi ini juga bermanfaat sebagai sarana informasi bagi segenap pemuda dan remaja masjid di seantero Indonesia.

Bertepatan HUT RI ke 71 pada tanggal 17 Agustus 2016, JPRMI akan mengawali penjelajahan di pulau Sumatera untuk mendata masjid-masjid yang ada di sana, sekaligus bersilaturahim dengan para pengurus JPRMI yang ada di sepanjang wilayah Sumatera.  Penjelajahan ini dilakukan dengan touring menggunakan motor. Perjalanan ke Sumatera ini melanjutkan touring sebelumnya di pulau Jawa dan Bali yang telah berlangsung dua bulan, yaitu bulan Mei hingga Juni 2016. Semoga dengan penjelajahan ini, semakin banyak data-data masjid yang bisa dihimpun dalam aplikasi AyokeMasjid.

Cara memiliki aplikasi ini sederhana, yaitu mendownloadnya di Google play lalu menginstalnya. Sebagaimana kita biasa menginstal aplikasi-aplikasi lainnya di ponsel kita. Dalam perkembangannya, aplikasi ini juga akan dilengkapi dengan informasi terkait fasilitas-fasilitas umum di sekitar masjid; seperti Puskesmas, Pos Polisi, Terminal, Stasiun, Bandara, Rumah Sakit, Posko Mudik, Pom Bensin, Bank / ATM, Bengkel, Spot Kuliner, Hotel, dan Posko Informasi.

Sampai awal bulan Agustus 2016 ini, sudah terhimpun 3162 lokasi masjid dan 1026 titik spot fasilitas umum. Pengguna aplikasi ini sudah melebihi 1000 orang. Dengan rata-rata lebih dari 3000 pageview setiap harinya, maka JPRMI membuka tawaran kerjasama bagi siapapun untuk pengembangan aplikasi ini. Bagi yang berminat turut serta dalam pengembangannya dapat menghubungi email AyoKeMasjid@outlook.com atau langsung menuju ke alamat maya JPRMI di http://tinyurl.com/ayokemasjid-com


Tim Humas JPRMI

2 komentar:

zach Hamzah mengatakan...

Mantap ust, kalau bisa aplikasinya ditambahin fitur masjid terdekat hehe

Irfan Azizi mengatakan...

Sip... Semoga bermanfaat