Sabtu, 27 Agustus 2016

INILAH JEMBATAN TERLEBAR DI DUNIA YANG DIRESMIKAN ERDOGAN KEMARIN


Namanya jembatan Yavuz Sultan Selim, Jumat kemarin (26/8/2016) baru diresmikan oleh Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan di selat Bhosporus . Jembatan Yavuz Sultan Selim adalah jembatan ketiga dalam masa pemerintahan Erdogan yang dibangun dengan biaya $ 3 Miliar. Jembatan ini dipromosikan sebagai jembatan terlebar di dunia, dengan lebar 59 meter. 


Jembatan berkonsep jalan raya ini mulai dibangun pada 29 Mei 2013, dengan melibatkan ribuan pekerja dan insinyur. Keberadaan jembatan ini akan melengkapi kemudahan transportasi yang menghubungkan antara Asia dan Eropa, karena terdiri dari 8 lajur. Empat lajur dari Asia ke Eropa, dan empat lajur juga dari Eropa ke Asia. 

Secara keseluruhan, panjangnya mencapai 2164 meter. Pembangunannya telah menghabiskan sekitar 230 ribu meter kubik beton, 28 ribu ton kabel baja, serta 8 juta meter kubik aspal.

Proyek ini akan diintegrasikan dengan Marmaray dan Istanbul Metro yang merupakan sistem kereta api menuju Bandara Internasional Ataturk dan Bandara Internasional Sabiha Gokcen. Departemen Keuangan Turki memprediksi bahwa jembatan ini akan dilalui 135 ribu mobil setiap harinya.

Tidak ada komentar: