Senin, 15 Juni 2015

SIAPAKAH KELOMPOK DURUZ?


IRFAN AZIZI, (15/6/2015) _ Duruz adalah sekte kebatinan yang tumbuh di Mesir pada permulaan abad ke-4, yang kemudian berpindah ke Syam. Nama Duruz dinisbatkan kepada salah satu pendirinya yaitu Muhammad bin Ismail ad Darzi. Kelompok ini men-tuhan-kan al Hakim bi Amrillah, satu dari Khalifah Fathimiyah.


Al Hakim bi Amrillah
Sekte ini memiliki aqidah campuran dari agama-agama buatan yang menyimpang, yang dirahasiakan sehingga tidak menyebar ke orang lain. Di antara aqidah mereka adalah mengingkari semua Nabi dan Rasul, sehingga mereka tidak mengenalnya. Mereka juga memiliki aqidah meyakini bahwa al Masih (juru selamat) itu adalah Hamzah az Zuzni, yaitu salah satu pendiri sekte ini.

Mereka memandang bahwa agama mereka telah menggantikan agama Islam, sebagaimana mereka mengatakan telah tergantikannya ruh-ruh. Dengan demikian, mereka juga mengingkari surga, neraka, pahala, dan balasan akhirat. Selain itu, mereka mengharamkan pernikahan selain dari sektenya. Mereka juga tidak menerima seorang pun masuk ke dalam agamanya.

Adapun terhadap para sahabat Rasulullah, mereka mencelanya sebagai pelaku kemunkaran. Sementara di kota-kota mereka tidak ada masjid karena mereka tidak mengenalnya. Dan mungkin, mereka tampil dengan Islam sebagai bentuk Taqiyah (kepura-puraan). Mereka inilah yang saat ini terdapat di Syria dan Palestina, serta sebagian besarnya di Libanon.

Saat ini, anggota sekte ini telah mencapai kisaran 1 juta hingga 2,5 juta pengikut. Bila merujuk pada data di wikipedia, maka angka itu tersebar ke dalam beberapa kawasan negara. Di antaranya: Syria (700 ribu pengikut), Lebanon (250 ribu pengikut), Palestina (130 ribu pengikut), Venezuela (100 ribu pengikut), Jordania (20 ribu pengikut), Uni Emirat Arab (20 ribu pengikut), Kanada (10 ribu pengikut), Australia (3 ribu pengikut), Republik Colombia (3 ribu pengikut), dan sisanya menyebar ke beberapa negara lainnya. Tentu angka itu adalah angka perkiraan, yang sangat mungkin lebih dari itu.

Apakah di Indonesia ada? Tidak tahu pastinya. Yang jelas, bila kemunculan sekte ini untuk melemahkan ummat Islam, maka Indonesia sebagai negara dengan mayoritas Muslim tak akan luput dari target mereka.

Semoga Allah subhanahu wata'ala menyelamatkan negeri ini dari keporak-porandaan akibat makar keji mereka. Laa haula wa laa quwwata illa billah.[]
Simbol Duruz
Bendera Duruz dengan Bintang David Yahudi




Referensi:
1. Dr. Nashir bin Abdul Karim Ali al ’Aql (Anggota Dewan Pengajar di Jurusan Aqidah dan Mazhab-Mazhab Kontemporer, Fakultas Ushuluddin, Universitas Imam Muhammad bin Su’ud al Islamiyah, Riyadh)
2. International Religious Freedom Report 2005, United State.
3. The Institute of Druze Studies (Druze Traditions)
4. Druze Population of Australia by Place of Usual Residence (2006), Australian Bureau of Statistics.
5. crossroadsisrael.com

Tidak ada komentar: