Senin, 28 Mei 2018

MEREKA AKAN BERBALIK MELARIKAN DIRI



Begitulah sunnah kehidupan yang telah Allah subhanahu wata'ala tetapkan. Pada akhirnya, bila orang-orang kafir memerangi kita, maka mereka akan berbalik melarikan diri.


Kenapa? Mungkin itu pertanyaan kita. Bila mau dicari sebabnya, bisa saja kita telisik peristiwa demi peristiwa. Karena takut, karena lelah, karena putus asa, atau lainnya. Tapi yang paling mudah kita mengerti adalah karena semua kekuatan itu milik Allah, bagaimana mungkin mereka akan mendapatkan kekuatan sementara mereka memerangi hamba-hamba-Nya? Sebab, tentu kekuatan sejati itu hanyalah milik Allah dan hanya berasal dari-Nya.

Tapi lepas dari sebab-sebab larinya mereka yang kita temukan itu, pastinya inilah ketetapan Allah azza wa jalla. Tertera dalam surat Al Fath ayat 22 dan 23.

Ketetapan itu tidak akan berubah hingga kini. Sebab mereka memang tidak punya pelindung dan penolong yang kokoh. Kekuasaan, kekayaan, keahlian dan kesepakatan sesama mereka itu hanyalah pelindung dan penolong sesaat. Begitu hilang kekuasaan, hilang kekayaan, hilang keahlian dan hilang kesepakatan antara mereka, hilang pula pelindung dan penolongnya.

Maka tidak ada pilihan kecuali melarikan diri. Dan itulah kekalahan yang pasti bagi mereka.

Bukankah mudah bagi Allah untuk menghilangkan pelindung dan penolong sesaat itu? Dan bukankah hanya Allah sebaik-baik pelindung dan penolong? Masihkah kita ragu?

Ya Allah, kuatkanlah kesabaran kami dalam menghadapi musuh-musuh-Mu. Ya Allah, pertontonkanlah kepada kami bagaimana larinya musuh-musuh-Mu berbalik menjauh karena hilangnya pelindung dan penolong mereka.


Jakarta, 27 Mei 2018

Tidak ada komentar: