Sabtu, 26 Mei 2018

APA BUKTI PETUNJUK KEMENANGAN DARI-NYA?



Kita selalu memerlukan petunjuk Allah. Dalam semua episode kehidupan. Lebih-lebih lagi dalam episode perjuangan.


Sebab dalam berjuang, kita hampir-hampir tidak pernah tahu sampai detik kapan bisa bertahan? Kita pun hampir tak tahu, apakah rencana perjuangan kita akan lancar atau mandeg oleh tantangan yang menghambat?

Maka dalam kondisi seperti itu, kita akan rawan terjangkit keputus-asaan. Sebab bisa saja sewaktu-waktu buramlah jalan perjuangan di hadapan kita. Dan di momen seperti itulah kita akan teramat sangat menghajatkan petunjuk-Nya.

Maka telisiklah ayat 20 dan 21 dalam surat Al Fath. Diterakan padanya akan janji Allah, yang itu akan menjadi bukti bagi orang-orang yang beriman. Bukti petunjuk kemenangan dari-Nya.

Saat kita tak tahu sampai detik apa dapat bertahan, Allah telah janjikan harta rampasan dan menahan tangan lawan. Keduanya dijanjikan dan akan diberikan agar kita bersyukur, sebab Allah segerakan hal itu untuk kita. Dihadirkan lebih segera dari kemenangan itu sendiri.

Setidaknya saat ada harta rampasan, maka nafas perjuangan kita bisa lebih panjang. Setidaknya pula, saat tangan lawan ditahan, maka ada jeda untuk menstabilkan deru nafas perjuangan kita. Begitulah keduanya disegerakan sebagai bukti bagi orang-orang beriman akan petunjuk kemenangan dari-Nya.

Lalu, saat kita tak tahu akan nasib realisasi rencana perjuangan kita, Allah hadirkan kemenangan-kemenangan pada sisi kehidupan bumi lainnya yang semula tak kita perkirakan. Tapi begitulah cara Allah memberikan bukti akan petunjuk kemenangan-Nya, dengan menghadirkan kemenangan pada sisi kehidupan lainnya yang tak pernah diduga. Meski perjuangan di hadapan kita terasa mandeg, namun terbukalah perjuangan hingga kemenangan di sisi kehidupan lainnya.

Dan semua itu, sesungguhnya adalah petunjuk dari Allah. Maka bila kita mendapati harta rampasan, atau tertahannya tangan lawan, atau kemenangan di sisi lain dari kehidupan ini, maka temukan apa pentunjuk-Nya yang tersimpan di balik tiga anugerah itu!

Ya Allah, berilah kami kemampuan mensyukuri segala anugerah harta halal yang Engkau limpahkan. Ya Allah, berilah kami kemampuan memahami setiap tangan-tangan musuh yang tertahan sebagai anugerah dari-Mu semata. Ya Allah, berilah kami kemampuan mencermati setiap kemenangan di belahan bumi lainnya. Ya Allah, berilah kami ilham kemenangan dari segala anugerah tersebut.


Jakarta, 26 Mei 2018



Tidak ada komentar: