Rabu, 01 Februari 2017

Ternyata Ini Fakta Tentang Wanita yang Ditangkap Bersama Patrialis Akbar


Tiba-tiba jagat pemberitaan heboh dengan Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Patrialis Akbar. Operasi Tangkap Tangan terhadap salah seorang Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) itu terjadi di Grand Indonesia. Hebohnya, tersiar kabar bahwa Patrialis Akbar ditangkap sedang bersama seorang wanita. Benarkah?


Ternyata kabar tentang perempuan itu mulanya bersumber dari pemberitaan jawapos pada hari Kamis 26 Januari 2017 pukul 11.05 WIB, dengan judul “Patrialis Akbar Ditangkap di Hotel Bersama Perempuan?” Khalayak pun langsung fokus dengan sosok wanita yang ditangkap bersama Patrialis Akbar.

Padahal bila kita mencermati judul berita tersebut, ada tanda tanya di akhirnya. Artinya, fakta Patrialis Akbar memiliki hubungan dengan wanita yang ditangkap bersamanya itu belumlah bisa dibuktikan kebenarannya. Apalagi dalam pemberitaannya hanya ditulis, “Informasi dihimpun, Patrialis ditangkap di sebuah hotel di daerah Taman Sari, Jakarta Barat. Lokasi di Taman Sari Jakbar sendiri dikenal sebagai lokasi ‘merah’ atau esek-esek. Bahkan, Sumber internal menyebut turut pula seorang wanita dalam OTT itu.

Jadi dalam berita itu, sesungguhnya tidak dijelaskan keterkaitan antara Patrialis Akbar dengan wanita yang ditangkap bersamanya. Namun karena ada istilah lokasi ‘merah’ atau esek-esek, maka pembaca dan publik segera membayangkan hal yang tidak pantas.

Dan benar, akhirnya muncul bantahan dari KPK tentang keterlibatan wanita tersebut dengan kasus yang disangkakan pada Patrialis Akbar. Kompas Online merilis beritanya dengan judul “Patrialis Akbar Ditangkap Bersama Seorang Perempuan di Grand Indonesia”, tayang pada hari Kamis 26 Januari 2017 pukul 20.17 WIB. “Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif menyatakan, perempuan itu tak ada kaitannya dalam perkara suap yang sedang dikembangkan KPK sehingga KPK menolak mengungkap lebih jauh identitas teman perempuan Patrialis itu.” Begitu tulis berita di Kompas Online.

Bantahan serupa juga muncul di laman Detik dengan judul “Ini Anggita, Wanita yang Berada di GI Bersama Patrialis Akbar”, yang dimuat pada hari Jum’at 27 Januari 2017 pukul 13.46 WIB. Dalam berita tersebut Detik menulis, “Namun KPK menegaskan tidak ada keterlibatan antara wanita itu atau keluarga tersebut dan kasus yang menjerat Patrialis.

Tidak ada komentar: