Kamis, 02 Februari 2017

PENDIRI ASOSIASI PENGACARA MUSLIM MYANMAR DITEMBAK DI BANDARA INTERNASIONAL RANGOON


Namanya U Ko Ni. Ia adalah seorang muslim yang berprofesi sebagai Pengacara. Selain mendirikan Asosiasi Pengacara Muslim Myanmar, ia juga aktif sebagai Penasehat partai berkuasa yang didirikan oleh Aung San Suu Kyi, National League for Democracy (NLD). Ia memang spesialis di bidang Hukum Konstitusi. Bahkan sebelum terbunuhnya, ia baru kembali dari lawatan ke Indonesia bersama Menteri Informasi Pe Myunt.


Lawatan para pemimpin Myanmar yang dipimpin oleh Menteri Informasi ke Indonesia tersebut dalam rangka mempelajari pengalaman Indonesia melakukan rekonsiliasi nasional. Selain Ko Ni, turut serta juga dalam rombongan tersebut pemimpinan mahasiswa Myanmar yaitu Mya Aye.

Ko Ni ditembak di parkiran bandara setibanya dari Indonesia pada hari Minggu 29 Januari 2017 pukul 16.30 waktu Myanmar. Dikabarkan Ko Ni langsung meninggal di lokasi penembakan. Sementara penembaknya dikabarkan oleh Nay Pyi Taw selaku Pejabat Kepolisian Rangoon telah tertangkap. Terkait tertangkapnya sang penembak juga dibenarkan oleh U Zaw Htay selaku Juru Bicara Presiden.

Sang Penembak tersebuk diidentifikasi bernama Kyi Lin. Seorang warga yang berasal dari kota terbesar kedua di Myanmar, yaitu kota Mandalay. Usianya 53 tahun.

Tidak ada komentar: