Jumat, 25 November 2016

KETIKA PENJAJAH ISRAEL MEMINTA BANTUAN KEPADA NEGARA-NEGARA TETANGGA


Senin (21/11) pemerintah penjajah Israel dikejutkan dengan kebakaran yang muncul di Neve Shalom. Itu adalah daerah di luar Yerusalem. Tapi rupanya kebakaran itu tak kunjung padam, bahkan menjalar ke beberapa tempat. Hingga ke komunitas Yerusalem di daerah Nataf, juga sampai ke daerah Karkom dekat Tiberias, dan daerah-daerah lainnya.


Kebakaran hutan yang mulanya merusak ratusan rumah dan mengorbankan belasan orang karena tersekap asap yang pekat, kini semakin menelan korban setelah tiga hari tak jua terpadamkan. Sebanyak 42 orang tercatat tewas akibat kebakaran ini.

Daerah terparah yang terdampak kebakaran ini adalah Haifa. Di daerah ini kebakaran menjalar hampir merata, mulai dari kota pelabuhan dekat Paz Bridge hingga dekat stadion sepak bola di kota tersebut. Evakuasi yang dilakukan sudah mencapai 50 ribu orang, mereka adalah penduduk yang berasal dari 11 sektor di Haifa. Bandara sipil di kota Haifa juga telah ditutup pada Kamis (24/11), dan mulai ada rencana untuk mengevakuasi penghuni penjara.

Dalam kondisi seperti itu, Perdana Menteri (Benyamin Netanyahu) dan Menteri Keamanan Umum (Gilad Erdan) telah mengatakan pada Rabu (23/11), bahwa mereka akan meminta bantuan kepada Yunani, Kroasia, Siprus dan mungkin Turki. Setelah sebelumnya juga mendapat bantuan pesawat pemadam kebakaran dari Amerika Serikat.

Pemerintah penjajah Israel sepertinya benar-benar kalut dengan kebakaran yang sedang berlangsung di seluruh wilayah jajahannya. Apalagi berdasar prakiraan cuaca Kamis (24/11), ada indikasi akan berlangsung terus angin kencang dan kelembaban udara dalam titik rendah, sehingga potensi menjalarnya kebakaran semakin tinggi.


Selain Rusia, Turki dan Siprus yang mengirimkan pesawat pemadam kebakaran ke Israel, Otoritas Palestina pun menawarkan bantuan. Inilah kebakaran terburuk di Israel setelah 2010, hingga jalan tol utama yang mengakses Tel Aviv pun ditutup sementara. Demikian dipublikasikan oleh The Tazpit News Agency dari Israel, sebagaimana disiarkan oleh Media Yahudi jewishpress.com 

Berikut dokumentasi video kebakaran di wilayah jajahan Israel:


Adapun dokumentasi foto dalam dilihat di sini.

Tidak ada komentar: