Senin, 15 Juni 2020

TANYA JAWAB TENTANG SHALAT TAUBAT



Seorang kawan bertanya kepada saya tentang Shalat Taubat. Beberapa hal ditanyakannya, dan saya berusaha membantu dengan memberikan jawaban-jawaban yang kiranya dapat menerangkan hal-hal yang ingin ia perjelas. Tanya jawab tersebut saya salinkan di sini dengan harapan dapat memberikan penjelasan bagi teman-teman lainnya yang ingin mengetahui tentang Shalat Taubat. Sehingga apa yang sempat kami bincangkan dapat bermanfaat lebih luas. Adapun bila ada hal-hal yang belum dijelaskan dari tanya jawab di bawah ini, silakan menuliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!





Tata caranya bagaimana dari mulai niat sholat Taubat?
Seperti shalat biasa. Niat shalat taubat, dengan tekad tidak mengulangi kesalahan dan menyesal telah melakukannya. Lalu shalat dua rakaat.

Ada sunnah-sunnah yang bisa kita amalkan saat mengerjakannya?
Sunahnya memperbanyak amalan setelah shalat, utamanya sedekah.

Ada waktu yang direkomendasikan buat melaksanakannya? Atau kapan saja sebaiknya kita melaksanakan itu?
Kapan saja, sebaiknya tidak lama setelah melakukan dosa. Kecuali dua waktu yang taubat tidak diterima lagi, yaitu saat sakaratul maut hingga nyawa sampai kerongkongan dan saat matahari sudah terbit dari barat.

Ada doa khusus setelah sholat itu?
Doa istighfar memohon ampunan. Secara umum istighfar yang dianjurkan seperti yang ada dalam hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dan biasa kita baca seperti yang ada dalam zikir Al Ma'tsurat. Kalimat istighfar ini disebut sayyidul istighfar, yaitu penghulunya istighfar. Lahfadznya sebagai berikut:
اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ
"Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta, khalaqtani wa ana 'abduka, wa ana ala ahdika wawa'dika mastatha'tu, audzubika min syarri ma shana'tu, abu'u laka bini'matika alayya wa abu'u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta.
Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu.

Apa yang perlu kita perhatikan saat melaksanaknnya?
Kejujuran niat dan kesungguhan bertaubat.

Berarti bisa dilakuin tiap hari atau bagaimana?
Boleh saja tiap hari, dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah.

Tidak ada komentar: