Minggu, 24 September 2017

PEMIMPIN YANG SUKSES MENGANTARKAN ISLAM KE PENJURU DUNIA


Akhirnya, tak heran bila Rasulullah mengisyaratkan bahwa Abu Bakar yang layak memimpin umat Islam setelah wafatnya. Sabda Rasulullah shalallahu alaihi wasallam kepada Aisyah radhiyallahu 'anha saat jelang wafatnya, "Allah dan orang-orang beriman akan menolak kecuali Abu Bakar."


Sehingga sejarah pun mengabadikan kompetensi kepemimpinan Abu Bakar. Menjadi pemimpin yang sukses mengantarkan Islam ke penjuru dunia.

Lihatlah, begitu beraninya Abu Bakar mengambil keputusan untuk mengirim pasukan guna menghadapi dua kekuatan dalam satu waktu. Padahal logika dan teori militer yang dianut hingga kini sekalipun, menyarankan agar menjauhi dua perlawanan sekaligus, agar kekuatan tidak terpecah.

Tapi Abu Bakar abaikan itu. Dengan sepenuh keyakinan akan imannya, ia kirimkan dua pasukan umat Islam pada tahun 12 H. Pertama, ia kirim Brigade Nuur dengan komandan Khalid bin Walid untuk menghancurkan Kisra di Timur. Kedua, ia kirim pasukan di bawah komando Abu Ubaidah bin al Jarrah untuk menggoncang Romawi di Barat.

Dan, tercatatlah kemenangan pasukan Islam atas dua imperium besar yang menguasai timur dan barat tersebut. Inilah torehan prestasi Abu Bakar.

Sementara Napoleon Bonaparte yang dielu-elukan dunia justru akhirnya kalah karena membuka perlawanan kedua menghadapi Tsar Rusia pada tahun 1812. Begitu pula Adolf Hitler dan pasukannya yang diagung-agungkan dunia justru akhirnya terpecah setelah membuka dua pertempuran ke kota Stalingrad di Timur dan ke pegunungan Kaukasus di Barat pada 1942.

Berbeda dengan Abu Bakar, setelah menghadapi realita Persia dan Romawi yang menolak dakwah Islam agar dapat sampai ke masyarakatnya, akhirnya memutuskan untuk mengirim dua pasukan dalam waktu yang sama ke Timur dan ke Barat. Dan alhamdulillah, dalam waktu beberapa tahun, kemenangan pun diraih. Maka jadilah Daulah Islam sebagai kekuatan terbesar di dunia.

Begitulah Abu Bakar ash Shiddiq, pemimpin yang sukses mengantarkan Islam ke penjuru dunia. Kekaguman kita padanya, hendaknya melebihi kekaguman kita pada nama-nama pemimpin dan komandan militer yang selama ini dibangga-banggakan. Sebab bila kita merujuk pada sejarah, maka Abu Bakar jauh lebih hebat. Tentunya, karena ia yang telah berjasa mengantarkan Islam ke penjuru dunia. Hingga dunia kita hari ini.


Irfan Azizi
Jayakarta, 1 Muharram 1439 H

Tidak ada komentar: