Minggu, 10 Desember 2023

Kelas 2 Ini Mengungguli 4 Kelas di Atasnya


"Masih ingat kan kalian kemarin pernah berdonasi. Itu donasi untuk siapa?" tanyaku.

"Palestinaaa!!!" Riuh jawaban mereka. 

"Kenapa kita berdonasi untuk Palestina?"

"Karena diserang Israel."

"Ya. Palestina sedang dijajah oleh Israel. Kita pernah dijajah?"

"Pernahhhh!"

"Oleh siapa?"

"Belanda!"

"Jepang!"

Suara mereka bersahut-sahutan.

Saya lalu membalikkan badan, menunjukkan tulisan di belakang rompi yang saya kenakan. "Apa bacanya?"

"Hope, Smile, Future!"

"Apa artinya?"

Mulai terdiam. Beberapa berceloteh, "Hape!" Mencari kata yang dekat dengan Hope. Hehehe... 

Aku pun langsung menjelaskan. Hope artinya harapan, Smile -yang ini mereka sudah tahu- artinya senyuman, dan Future artinya masa depan. "Jadi, kemarin kita berdonasi untuk memberikan harapan kepada saudara di Palestina, memberikan senyuman kepada saudara di Palestina dan memberikan masa depan kepada saudara di Palestina yang saat ini sedang dijajah," jelasku. 

Lalu aku sampaikan alasan kenapa datang ke Kelas 2A. "Alhamdulillah donasi yang terhimpun kemarin di SD IT Insan Mulia sebesar Rp. 6.344.000, dari jumlah itu ternyata satu juta lebihnya dari kelas 2A. Jadi kelas 2A telah berhasil menghimpun dengan jumlah paling besar dari kelas-kelas lainnya, mengungguli adik kelas dan kakak-kakak kelasnya."

Sontak ketakjuban menyeruak di raut-raut wajah mereka. Bilangan yang mungkin masih tergolong sederhana, tapi mereka tak menduga bila itu menjadi bilangan istimewa karena mengungguli dari jumlah penghimpunan kelas lainnya.

Semangat fastabiqul khairat, berlomba-lomba dalam kebaikan tampak di wajah-wajah mereka. Saya jadi teringat selorohan seorang ustadz di Jakarta, "Asy syaraf laisa fii sabaq, wa lakinna syaraf fii shadaq." (Kemuliaan bukan pada senioritas, tetapi kemuliaan pada kejujuran / kesungguhan.) 

Mereka membuktikannya. Meski mereka kelas 2 dan ada 4 kelas di atasnya, namun mereka mampu melebihi kelas di atasnya.

Kebaikan itu memang dinamis. Kadang hari ini dominan di kelas ini, esok bisa jadi di kelas lainnya. Karena itulah, apresiasi kami berikan kepada kelas terbaik, agar kebaikan itu terus berkompetisi dan kian tumbuh lebih baik.

Salam ukhuwah
Saudaramu, 
Muhammad Irfan Abdul Aziz

Tidak ada komentar: